Sekolah Menengah Pertama Swasta adalah sekolah lanjutan setelah lulus dari SD atau sederajat yang dikelola oleh lembaga swasta baik dibawah diknas maupun dengan pengelolaan secara mandiri.
Yang berkembang pada saat ini Sekolah Menengah Pertama Swasta khususnya di daerah perkotaan sangat diminati oleh masyarakat yang menginginkan putra-putrinya mendapatkan pengalaman lebih di bandingkan dengan SMP Negeri.
Di Kecamatan Paron sendiri Sekolah Menengah Pertama Swasta belum ada yang terlihat menonjol untuk dijadikan alternatif pilihan kedua selain SMP Negeri, padahal bertukar balik dengan Sekolah pada tingkat dasar khususnya MI (Madrasah Ibtidaiyah) yang begitu banyaknya tersebar di berbagai Desa di Kecamatan Paron.
Peran Pemerintah sangat dibutuhkan untuk mendorong tercapainya suatu tempat pendidikan yang berkwalitas mulai dari tingkat yang paling bawah dan tentunya kesadaran dari masyarakat sendiri tentang pentingnya Pendidikan dasar, semoga akan berdiri Sekolah Menengah Pertama Swasta yang menjadi impian semua pihak.