NISN singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional, yang dikelola oleh Bagian Sistem Informasi Biro Perencanaan Kementrian pendidikan nasional yang merupakan bagian dari program Dapodik atau Data Pokok Pendidikan. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional, adapun nisn sekolah dasar sama seperti nisn smp atau nisn sma.
Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik dan berlaku sepanjang masa, dan tentu berbeda antara satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia, untuk penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN.
Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa untuk nisn sekolah dasar, nisn smp dan nisn sma tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan dari sumber data siswa yang telah disahkan oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online melalui web operator masing-masing sekolah .
Hasil dari nisn sekolah dasar, nisn smp dan nisn sma yang telah diberi kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN dapat dilihat secara terbuka melalui situs NISN http://nisn.jardiknas.org